5 Makanan Khas Pontianak yang Wajib Anda Coba

Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai macam kuliner. Bahkan wisata kuliner adalah salah satu alternative kegiatan wisata yang banyak diminati. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing – masing. Termasuk juga Pontianak. Jika Anda datang ke Pontianak, ada beberapa makanan khas Pontianak yang tidak boleh Anda lewatkan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Bubur Pedas Khas Pontianak

Jangan Ngaku Pernah ke Pontianak Kalau Belum Cobain Bubur Pedas Ini

Hampir di banyak daerah, bubur menjadi menu sarapan yang banyak dicari. Teksturnya yang simple dan mudah ditelan menjadi alasan mengapa banyak orang memilih bubur sebagai menu sarapan. Jika Anda menyukai sarapan dengan bubur, Anda harus mencoba bubur pedas khas Pontianak ini.

Bubur pedas khas Pontianak meruapakan salah satu makanan yang popular dan banyak disukai masyarakat. Campuran bumbu, rempah, dan sayur – sayuran seperti daun pakis, daun kesum, dan lain – lain memberikan bubur Pontianak memiliki cita rasa yang khas.

Anda bisa menikmati bubur ini dengan tambahan kacang goreng dan teri goreng agar lebih sedap.

  1. Pengkang

Pengkang Lemper ala Kalimantan Barat Super Enak - MerahPutih

Pengkang adalah makanan khas Pontianak yang dibuat dari beras ketan kemudian dibungkus dengan daun pisang bersama ebi dan dibakar. Proses pembuatan pengkang dengan cara dibakar dengan menggunakan daun pisang membuat pengkang memiliki aroma yang khas dan menggoda. Biasanya, pengkang akan disajikan bersama dengan sambal kerang agar semakin sedap.

  1. Chai Kwe

Resep Choi pan / Chai kwe oleh Merie Prayatna Mazrial - Cookpad

Beberapa makanan khas Pontianak memiliki akulturasi budaya dengan kkuliner Tionghoa. Salah satunya adalah Chai Kwe ini. Chai Kwe merupakan cemilan yang dibuat dari berbagai tumisan sayur. Di antaranya adalah keladi, kucai, bengkoang, dan rebung. Tumisan tersebut kemudian dibungkus dengan kulit yang dibuat dari tepung beras dan tepung tapioca.

Biasanya, Chai Kwe dibuat dengan cara kukus. Akan tetapi, untuk beberapa alasan, banyak juga orang Pontianak yang menyajikan Chai Kwe dengan cara digoreng. Anda bisa mencoba dua jenis cara penyajian Chai Kwe ini jika datang ke Pontianak.

  1. Jorong – Jorong

30 Macam Kue Tradisional Kota Pontianak, Manakah Favoritmu ...

Beberapa daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang hanya muncul di saat bulan Ramadhan saja. Begitu pula Pontianak. Kota ini memiliki makanan khas yang hanya akan Anda temui saat bulan Ramadhan saja. Yaitu jorong – jorong.

Makanan ini merupakan makanan khas Pontianak. Tepatnya makanan khas Ketapang. Jorong – jorong dibuat dari tepung beras dan santan dan kemudian dikukus hingga matang. Uniknya, wadah yang digunakan saat mengukus jorong – jorong dibuat dari daun pisang.

  1. Tau Swan

Lek Tau Suan Makanan Tionghoa Khas Pontianak - Kuliner Pontianak

Selain Chai Kwe, makanan hasil akulturasi budaya Pontianak dengan Tionghoa lainnya adalah Tau Swan. Makanan ini dibuat dari air gula yang dicampur dengan kacang kedelai. Tau Swan biasa disajikan bersama potongan kue manis.

Untuk mencicipi kuliner khas Pontianak satu ini, Anda perlu menunggu hingga malam hari. Karena biasanya Tau Swan disajikan pada malam hari saja. Namun, jika Anda memiliki masalah kadar gula darah, ada baiknya Anda melewatkan makanan khas Pontianak satu ini.

Itulah beberapa makanan khas Pontianak yang wajib Anda coba saat datang ke kota ini. Selain lima makanan khas Pontianak tersebut, ada banyak makanan khas Pontianak lain yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Misalnya sotong pangkong, es krim petrus, sagu gunting, kiam ko kwe, kue kantong semar, dan lain – lain. Di antara makanan – makanan tersebut, manakah yang pernah Anda coba dan menjadi favorit Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *