5 Minuman Lokal Khas Pontianak yang Menyegarkan

Pontianak yang juga dikenal sebagai Kota Khatulistiwa merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Barat. Ada sebuah monumen khatulistiwa di daerah Siantan di utara Pontianak. Monumen ini dibangun di mana garis katulistiwa melewatinya. Dipengaruhi oleh lokasi geografisnya, Pontianak memiliki suhu yang cukup tinggi. Apalagi di siang hari, bisa mencapai 35 derajat Celcius. Tidak ada keraguan apakah kota yang melintasi Sungai Capuas ini juga memiliki beragam makanan dan minuman yang dapat menghilangkan rasa lapar dan dahaga di bawah sinar matahari. Berikut ini 5 daftar minuman khas Pontianak yang bisa melepaskan rasa dahaga Anda.

  1. Minuman Es Lidah Buaya

Resep: Es Lidah Buaya Jeruk Purut, Segar untuk Berbuka Puasa

Biasanya, lidah buaya atau namanya yang keren, Aloe Vera, dibuat menjadi produk kecantikan, tetapi berbeda di Pontianak, karena lidah buaya digunakan sebagai minuman yang sehat dan segar, dan bergizi. Nutrisi yang tersedia sangat lengkap, seperti asam folat, inositol, kolin, dan vitamin A hingga E, yang mencakup semua jenis vitamin B, C, dan E. Ingat, tidak semua lidah buaya enak untuk dikonsumsi, hanya lidah buaya dengan nama layin Aloe Vera Barbadensis saja yang bisa diminum. Tanaman ini langka di negara lain dan hanya berlimpah di Kalimantan, khususnya Pontianak. Bahan pembuatannya adalah lidah buaya, yang aman dikonsumsi, yaitu Babadensis yang tumbuh di pulau Kalimantan termasuk Pontianak. Kemudian ditambahkan bahan pembantu seperti air, gula dan perasa buah leci untuk menambah aromanya, terlebih lagi jika ditambahkan dengan Es batu, untuk lebih menyegarkan. Rasanya manis dan bergizi, dan harga yang terjangkau.

  1. Minuman Khas Es Kacang Merah

√ Cara Membuat Es Kacang Merah Nikmat dan Segar

Kacang merah biasanya dimakan dalam bentuk bubur. Jika Anda mengunjungi Pontianak, kacang merah dapat mengurangi rasa haus dan udara panas yang ada di Pontianak. Anda dapat menemukan es kacang merah di beberapa restoran, warung makan, dan pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang jalan. Di Pontianak, es kacang merah adalah minuman khas Tionghoa. Kemudian, Anda akan sering melihat orang-orang Tionghoa menjual minuman khas ini. Cara membuatnya juga cukup mudah. Masak kacang merah sampai agak lunak, lalu tambahkan gula. Kemudian tambahkan beberapa jeli, seperti jeli rumput hitam dan agar-agar.

  1. Minuman Es Sari Kacang Hijau

Resep Es Sari Kacang - Resep Borneo

Kacang hijau dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan maupun minuman. Biasanya kacang hijau diolah menjadi bubur kacang hijau. Namun di Pontianak sedikit berbeda, kacang hijau diolah menjadi sari kacang hijau dan ditambahkan es batu untuk lebih menyegarkan. Ada perbedaan antara bubur kacang hijau atau es kacang hijau dan sari kacang hijau. Biasanya, hanya es kacang hijau yang direbus dan gula ditambahkan. Saat membuat sari kacang hijau, blender kacang hijau rebus hingga halus. Lalu campur kacang hijau yang sudah halus dengan gula atau susu. Saat menikmatinya, tekstur es sari kacang hijau sangat lembut. Sangat segar dan juga menyehatkan.

  1. Es Jagung Pontianak

Jajanan Es Menyegarkan yang Bisa Dicicipi saat Liburan ke Batam ...

Jangung bisa diolah menjadi makanan, bagaimana jika jagung dijadikan minuman. Di Pontianak, ada minuman khas yang terbuat dari jagung, biasanya disebut es jagung. Es unik ini dibuat dengan jagung manis muda. Kemudian masak jagung sampai lunak dan renyah. Jus jagung manis akan membuat minuman ini sangat lezat. Es jagung biasanya disajikan dalam mangkuk dengan es, sedikit gula dan susu kental. Makan dalam suasana yang sangat panas di siang hari, esnya sangat lezat. Rasa segar dan lembut akan menghilangkan rasa haus Anda. Es jagung hanya bernilai Rp. 10.000,-, Anda dapat menikmati es jagung yang menyegarkan.

  1. Minuman Khas Ce Hun Tiaw

Ce Hun Tiaw Tiau - CeHunTiau - Cendol Kanji khas Pontianak Cap ...

Seperti namanya, minuman ini adalah minuman khas etnis Tionghoa. Dalam bahasa Tionghoa Tio Ciu, Ce berarti ubi, Hun berarti tepung, Tiaw berarti balok seperti mie, dan Che berarti hijau. Jika kesimpulan tercapai, Ce Hun Tiaw adalah minuman cendol, dilengkapi dengan berbagai hiasan, termasuk gula merah, kacang, dan bongko. Es ini sangat bagus untuk menghilangkan rasa dahaga dan lapar di siang hari.

Akan sangat disayangkan jika Anda berkunjung tanpa mencoba salah satu daftar minuman diatas, karena belum tentu, minuman-minuman tersebut ada di kota-kota lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *