Berikut 7 Makanan Lokal Khas Bali Yang Wajib Dicoba

Beberapa makanan lokal khas Bali banyak dicari pecinta kuliner, karena makanan tersebut banyak yang berpendapat termasuk makanan favorit banyak orang. Tapi apa Anda tahu, apa saja makanan Bali tersebut yang sudah sangat dikenal kelezatannya. Kalau Anda mengaku seorang pemburu kuliner sejati, harusnya Anda tahu dan bisa merekomendasikan apa saja makanan lezat tersebut.

Bali adalah destinasi wisata yang luar biasa cantik dan menarik, oleh karena itu pasti memiliki makanan yang juga unik dan menarik. Bagi Anda yang belum tahu dan ingin tahu apa saja makanan lokal khas Bali yang sangat populer ini, maka Anda harus mengikuti informasi berikut ini. beberapa diantaranya yang merupakan makanan khas Bali adalah sebagai berikut.

  1. Bebek Betutu

Rekomendasi Warung Ayam Betutu di Bali yang Wajib Dicoba!

Makanan ini sudah diketahui dari namanya, yaitu makanan yang berasal dari bebek. Makanan yang berasal dari kuta Bali ini merupakan makanan para raja di Bali, dimana cara memasaknya adalah dengan membumbui bebek lalu dipijit-pijit agar dagingnya lebih empuk dan bumbunya meresap ke dalam. Setelah itu, dimasukkan ke dalam daun pisang dan dipanggang dengan api sekam. Bebek betutu ini lebih sering dimasak hanya pada saat mengadakan acara perayaan adat atau keagamaan, karena proses memasak yang lumayan lama.

2. Bubur Mengguh

RESEP MASAKAN TRADISIONAL INDONESIA: Bubur Mengguh (Bali)

Jenis bubur dari Bali ini sering disajikan pada saat upacara adat, merupakan makanan lokal khas Bali utara. Bubur mengguh dibuat dari beras dan santan ditambah dengan ayam suwir, selain itu diberi kuah ayam kental dan urap yang dibuat dan diletakkan terpisah.

3. Srombotan

Resep Serombotan Khas Bali, Makanan Murah, Meriah, dan Menyehatkan

Srombotan adalah jenis makanan sayuran yang berasal dari  klungkung Bali, seperti lalapan yang terdiri dari bayam, kacang panjang, serta kubis yang diberi bumbu yang dinamakan kalas. Sedangkan, kalas merupakan santan dengan kunyit tumbuk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan sedikit kencur setelah itu dimasak hingga kental. Yang menjadi cirri dari makanan ini justru adalah bumbu kalasnya sendiri, sedangkan cara penyajian srombotan harus menggunakan bumbu kacang dan bumbu pedas.

4. Nasi Jinggo

12 Best Local Dishes To Try On Your Bali Trip - Ithaka

Makanan lokal khas Bali berikutnya adalah nasi Jinggo, yaitu makanan berjenis nasi putih dengan lauk pauk dan sambal dan penyajian di dalam daun pisang. Lauk pauk yang disajikan biasanya adalah sambal goreng tempe, serundeng dan ayam suwir.

5. Sate Plecing

Sate Plecing Khas Bali, Kuliner Sate yang Enak untuk Pencinta ...

Kali ini kita diperkenalkan dengan jenis sate ala Bali, sate plecing namanya dan sangat istimewa. Daging yang digunakan di Bali bisa bermacam-macam seperti ayam, babi ataupun ikan laut. Keistimewaan makanan ini adalah dari bumbunya, bumbu plecing terbuat dari sambal tomat yang diberi cabe rawit, garam, terasi, tomat dan juga kadang menggunakan jeruk limau.

6. Tum Ayam

Resep Membuat Tum Ayam Khas Bali, Pedasnya Bikin Merem Melek

Selanjutnya adalah tum ayam, makanan yang dibuat dari ayam pastinya hanya saja dibuat seperti pepes. Makanan ini merupakan makanan tradisional Bali dengan cara ayam yang dicincang lalu dibumbui dengan beraneka rempah lalu dibungkus daun pisang dan dikukus.

7. Lawar

Fakta lawar makanan khas Bali

Makanan sebagai menu terakhir dari makanan lokal khas Bali ini adalah lawar, merupakan masakan sayur campur. Dimana campuran tersebut terdiri dari sayuran yang direbus, kelapa dipanggang dan daging cincang yang diberi bumbu.

Dari ketujuh daftar makanan lokal khas Bali di atas, manakah yang Anda tahu atau justru pernah mencicipinya. Jika Anda belum pernah mencoba daftar menu di atas, maka Anda wajib mencoba makanan khas Bali yang luar biasa nikmat ini.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *