Segar! Cobalah 5 Minuman Lokal yang Cocok untuk Buka Puasa Ini

Warga Indonesia sudah sangat lekat dengan 5 minuman lokal yang cocok untuk buka puasa ini. Tidak hanya memang dipilih karena kesegaran rasanya yang pas untuk melepas dahaga, namun minuman-minuman tersebut telah menjadi bagian khas di bulan Ramadhan yang paling banyak dipilih sebagai minuman untuk berbuka.

Bahkan bagi sebagian orang puasa tidaklah lengkap tanpa minuman lokal khas Ramadhan sebagai hidangan berbuka yang menyegarkan. Apa sajakah minuman-minuman tersebut? Berikut daftarnya.

  1. Es Sirup

10 Ide Kreasi Es Sirup Stroberi untuk Buka Puasa, Segarnya Awet

Siapa diantara Anda yang mengkhususkan es sirup sebagai minuman saat berbuka puasa? Meski minuman ini juga tersedia di luar bulan puasa, namun banyak orang mengkonsumsi lebih sebagai minuman untuk berbuka.

Rasa segar buah yang manis semakin kompak dengan tambahan es batu. Setelah haus berpuasa seharian, meneguk es sirup menjadi pelepas dahaga yang nikmat. Sirup juga menjadi produk minuman lokal yang berkaitan erat dengan hidangan berbuka lainnya seperti es campur, es teler dan lain-lain.

Ada berbagai varian rasa yang ditawarkan namun primadona es sirup masih didominasi oleh rasa cocopandan. Sirup cocopandan juga yang umum digunakan pada olahan minuman seperti es campur dan es teler.

2. Es Blewah

Seger! Yuk Bikin, Es Blewah Timun Suri Persiapan Menuju Buka Puasa ...

Buah blewah sangat identik menyatu dengan berbagai olahan makanan maupun minuman segar. Blewah juga menempati posisi paling populer sebagai es segar untuk berbuka puasa. Penyajian yang mudah dan rasa segar khas blewah membuat semua orang semakin menikmati sedapnya berbuka di bulan Ramadhan.

Es blewah yang umum disajikan adalah dengan potongan serut memanjang ditambah air gula dan es batu. Minuman ini asli lokal punya dan sangat digemari pada bulan puasa. Es blewah juga bisa dicampur dengan bahan lainnya seperti cincau, agar-agar dan lain-lain sesuai selera. Meski rasa mirip dengan melon, namun blewah memiliki rasa khasnya sendiri. Buah satu ini juga lebih umum diolah sebagai minuman daripada dimakan langsung seperti melon.

3. Es Campur

Segarnya Menikmati Es Campur Buatan Sendiri - Berita Kuliner ...

Siapa yang menolak segar dan nikmatnya es campur untuk berbuka. Setiap orang memiliki versi masing-masing terhadap es campurnya. Namun bahan-bahan yang dominan digunakan adalah agar-agar, alpukat, potongan buah, cendol dan lain sebagainya yang dicampur ke dalam air sirup.

Pada beberapa orang  ada yang membuatnya dengan potongan roti tawar, kacang hijau dan mutiara. Tak lupa tambahan susu kental manis yang membuat rasanya semakin nikmat dan berkesan di lidah. Es campur umumnya menggunakan es batu yang diserut daripada es batu berbentuk potongan.

Es campur juga sangat populer di hari biasa, namun pada saat bulan puasa minuman yang juga bisa mengganjal rasa lapar ini sangat ramai disajikan dengan rasa khasnya.

4. Es Cincau

Viral Resep Es Cincau Gula Merah Santan Super Segar Cukup Pakai 6 ...

Es cincau juga menjadi salah satu dari 5 minuman lokal yang cocok untuk buka puasa. Rasa khas cincau yang nikmat sangat cocok dipadukan dengan es batu atau air dingin. Teksturnya yang mirip dengan agar-agar terasa nikmat saat mengunyah kekenyalannya.

Selain disajikan khusus sebagai es cincau original, cincau juga dapat dipadukan dalam minuman lain seperti es campur atau ditambahkan pada es coklat maupun es capucino. Cincau sendiri merupakan makanan khas lokal yang tetap eksis meski sudah ada sejak lama.

5. Teh Hangat

Jangan Salah, Minum Teh Hangat Ternyata Juga Bisa Melindungi Tubuh ...

Mengapa teh hangat? Teh hangat juga terlibat hadir pada beberapa meja makan sebagai minuman pembuka saat pertama kali membatalkan puasa. Bagi sebagian orang yang memperhatikan kondisi lambungnya, memilih untuk mengkonsumsi minuman hangat pada saat berbuka.

Hal tersebut karena minuman hangat seperti teh hangat terasa lebih nyaman di perut setelah seharian lambung tak terisi. Tak heran jika teh adalah bagian dari 5 minuman lokal yang cocok untuk buka puasa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *