5 Kopi Ini Rasanya Sangat Enak Dan Wajib Dicoba 

Dikalangan masyarakat Indonesia memang budaya minum kopi sudah sangat melekat. Tidak heran karena di Indonesia adanya beberapa produsen jenis kopi yang sudah sangat terkenal. Pada tahun 2016, Indonesia tercatat sebagai Negara pengekspor kopi terbesar keempat setelah Brazil, Vietnam, Colombia, dan juga Honduras. Sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah apakah kamu sebagai orang Indonesia sudah mencicipi semua jenis kopi paling enak yang ada di Tanah Air ini? Tapi kamu sudah tahu belum kopi apa saja di Indonesia yang sangat enak rasanya? Berikut dibawah ini 5 kopi paling enak di Indonesia yang wajib dicoba diantaranya yaitu :

  1. Kopi Luwak

kopi luwak | Description, Production, Animal, & Facts | Britannica

Kopi Luwak yang tersebar di Pulau Sumatera dan Jawa ini dikenal sebagai salah satu kopi paling mahal di dunia. Yang menyebabkan mahalnya harga kopi tersebut adalah proses panennya yang rumit. Karena para petani kopi luwak harus menunggu buah kopinya dimakan terlebih dahulu oleh luwak. Setelah itu mereka harus berburu kotoran luwak sebelum akhirnya buah kopi tersebut dibersihkan, dicuci, disangrai, ditumbuk, lalu diseduh dengan air panas. Proses pencernaan yang dilakukan oleh luwak tersebut yang membuat kopi luwak ini memiliki keunikan dan rasa yang berbeda.

  1. Kopi Wamena

Sebagai daerah yang masih belum banyak terjamaah orang, kopi Wamena masih dirawat di dataran tinggi Papua secara organik. Sebagai perbandingan, kopi Arabika yang namanya sudah sangat terkenal tumbuh diketinggian 1200 meter diatas permukaan laut, sedangkan untuk kopi Wamena tumbuh diketinggian 2000 meter diatas permukaan laut. Untuk memanen kopi Wamena juga masih sangat sulit karena harus mendaki gunung terlebih dahulu, atau bahkan menggunakan helikopter. Kamu sudah pernah merasakan kopi Wamena? Tetapi kata mereka yang sudah merasakannya, rasa kopi Wamena ini balance dan lembut, dimana rasanya itu tidak terlalu asam dan tidak terlalu manis.

  1. Kopi Sidikalang

Mencicipi Pahit dan Harumnya Kopi Sidikalang

Kopi yang tumbuh di Bukit Barisan dipastikan memiliki rasa tersendiri berkat mineral yang terkandung pada tanahnya. Kopi Sidikalang yang tumbuh di Bukit Barisan digadang gadang sebagai pesaing utama kopi Brazil. Jadi jika kamu mengaku sebagai salah seorang penikmat kopi sejati, maka wajib cicipi kopi Sidikalang ini.

  1. Kopi Toraja

Kopi Toraja Yang Eksotis, Kenali Yuk Dari A-Z | Cashbac.com

Setelah mencoba cicipi kopi yang berasal dari Pulau Jawa, Sumatera, dan Papua, sekarang saatnya kamu coba cicipi kopi yang tumbuh di tanah Sulawesi. Kopi Toraja dikenal dengan rasanya yang earth, dimana akan disisakannya sedikit rasa tanah atau hutan yang justru inilah yang menjadi ciri khas dari kopi tersebut. Kopi Toraja selain rasa earthy yang sangat kental, tetapi juga memiliki sedikit kesan rasa cokelat dan kacang, karena memang pada saat proses sangrainya dicampurkan dengan coklat dan kacang untuk memperkaya rasa. Kopi Toraja ini difavoritkan oleh masyarakat US dan Jepang.

  1. Kopi Preanger

Profil Kopi Arabika Java Preanger | SABANI.COM

Preanger atau yang sekarang ini dikenal dengan sebutan Parahyangan merupakan kawasan pegunungan yang menjadi perkebunan kopi tertua di Indonesia. Perkebunan kopi tersebut didirikan pada awal masa penjajahan Belanda. Saat itu, Belanda jika kopi Java Preanger sangat nikmat, lalu membawa kopi tersebut ke negaranya. Sehingga menjadikan kopi Preanger ini booming di kalangan para pecinta kopi di seluruh dunia. Dan bahkan, Kopi Java Preanger ini menjadi nama bahasa programming Java, karena memang kopi Preanger sangat digemari oleh para pencipta bahasa tersebut.

Memang Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kopi berkualitas baik di dunia. Sehingga tidak heran jika budaya minum kopi atau ngopi sudah sangat melekat dengan masyarakat Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *