Deretan Makanan Tradisional Khas Jawa Timur Yang Paling Populer

kita memang sangat beruntung bisa terlahir sebagai orang Indonesia. Pasalnya, Negara tercinta kita ini kaya akan aneka ragam budaya, bahasa, agama, hingga kuliner. Berbicara soal kuliner nusantara, tentu saja masing-masing daerah di Indonesia memiliki kuliner khasnya tersendiri. Nah, secara kebetulan juga, pada kesempatan kali ini akan membahas seputar makanan traditional khas Jawa Timur yang paling populer. Tanpa banyak penjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

  1. Soto Lamongan

Resep Soto Ayam Lamongan - Masak Apa Hari Ini?

Kuliner tradisional khas Jawa Timur pertama yang akan dibahas, yakni bernama Soto Lamongan. Ya, sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini berasal dari daerah Lamongan Jawa Timur. Selain populer di daerah Jawa Timur, soto Lamongan juga menyebar ke daerah lainnya seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, bahkan hingga luar pulau Jawa. Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari cita rasa soto Lamongan yang memang begitu lezat.

Salah satu yang membedakan soto Lamongan dengan soto dari daerah lainnya di Indonesia, yakni adanya tambahan koya sehingga membuat cita rasanya semakin gurih. Lantas, koya itu apa sih? Koya ini merupakan sejenis bumbu penyedap, yang bahan dasarnya terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih.

  1. Rujak Cingur

Resep Rujak Cingur Special Asli Surabaya Jawa Timur Yang Enak dan ...

Bagi yang belum terbiasa, mungkin kuliner yang satu ini akan terlihat aneh atau bahkan agak ekstrim. Bagaimana tidak, sebab rujak cingur ini terbuat dari potongan mulut sapi yang disajikan dengan irisan buah-buahan dan sambel. Tak hanya itu, biasanya rujak cingur juga akan diberi aneka sayuran seperti tauge dan lain sebagainya.

Meski bentuknya cukup ekstrim, namun rujak cingur ini memiliki rasa yang sangat lezat lho. Pasalnya, hal itu berkat bumbunya yang terdiri dari petis, cabe, gula merah, dan kacang tanah yang sudah digoreng. Bumbu tersebut dibuat dengan cara diuleg serta diberi sedikit air, agar teksturnya agak encer. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba kuliner yang satu ini?

  1. Rawon

Resep Rawon Daging Sapi Khas Jawa Timur - Masak Apa Hari Ini?

Pada dasarnya, rawon ini tidak hanya terkenal di daerah Jawa Timur saja melainkan juga di daerah Jawa Tengah. Bahkan, hingga sekarang rawon sudah menyebar ke seluruh pelosok nusantara. Jika dilihat dari bahan-bahannya, sekilas rawon ini tidak berbeda jauh dengan sop daging pada umumnya. Namun, yang menjadi pembedanya terdapat pada warna kuahnya yang hitam pekat.

Menurut informasi yang di dapat, warna hitam pekat pada kuah rawon itu berasal dari buah kluwek. Biasanya menu rawon akan disajikan dengan beragam bahan makanan lainnya seperti tauge, kerupuk, bawang goreng, irisan telur, dan aneka sayuran hijau lainnya.

  1. Gado-gado

5 Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia, Rendang Meraih Peringkat ...

Banyak yang beranggapan bahwa gado-gado itu merupakan makanan khas Betawi. Padahal, gado-gado ini adalah makanan khas Jawa Timur lho. Jika dilihat dari bentuknya, seklias gado-gado ini sangat mirip dengan makanan khas Jawa Barat yang bernama lotek. Namun, bahan-bahan makanan pada gado-gado ini jauh lebih banyak. Ya, gado-gado terdiri dari campuran tahu, tempe, sayuran rebus, kentang, telur, ketupat / lontong, yang disiram dengan bumbu kacang.

  1. Lontong Balap

10 Tempat Makan Lontong Balap Enak di Surabaya, Enak dan Murah Meriah

Makanan khas jawa Timur paling populer berikutnya yang akan dibahas, yakni lontong balap. Kuliner ini terdiri dari lontong, tahu goreng, tauge, kecap manis, lenthok, sambal, bawang goreng, dan berbagai jenis bumbu pelengkap lainnya.

Itulah beberapa kuliner khas Jawa Timur yang paling populer, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *