Inilah Beberapa Fakta Menarik Tentang Gudeg Yang harus Kalian Ketahui

Orang Indonesia mana sih yang tidak kenal dengan sebuah hidangan bernama gudeg? Tentu saja kita semua sudah sangat mengenal betul dengan hidangan yang satu ini. Ya, seperti yang sudah kita ketahui, bahwa gudeg merupakan salah satu kuliner khas Jogja yang terkenal dengan kelezatan cita rasanya. Tak hanya memiliki cita rasa yang menggoda, hidangan gudeg juga dibanderol dengan harga yang relative murah lho. Nah, berbicara soal gudeg, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas beberapa fakta menarik tentang gudeg yang jarang diketahui. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Rumah Makan Gudeg Jogja Bu Hani - Mampang Prapatan, Mampang ...

  1. Sejarah Gudeg

Menurut informasi yang di dapat, pada abad ke 16 para prajurit kerajaan Mataram membongkar hutan belantara untuk membangun peradaban yang saat ini berada di daerah Kotagede. Konon, di dalam hutan tersebut ada banyak sekali pohon nangka dan pohon kelapa. Dengan inisiatifnya para prajurit kerajaan Mataram mencoba memasak nangka dengan kelapa menggunakan ember logam, kemudian diaduk menggunakan pengaduk berbahan kayu besar seperti dayung perahu. Proses mengaduknya itu disebut “hangudek”, yang sampai sekarang bernama gudeg dan sekarang menjadi ikon kulinernya Yogyakarta.

  1. Gudeg Adalah Makanan Semua Kalangan

Selain masyarakat kalangan menengah keatas, hidangan gudeg juga dapat disantap oleh masyarakat kalangan menengah kebawah. Hidangan gudeg juga begitu fleksibel, karena bisa dinikmati dengan beragam jenis lauk lainya seperti tahu, tempe, daging ayam, ikan, dan telur.

  1. Gudeg Bisa Dinikmati Kapan Saja

Tak sulit bagi kita untuk menjumpai pedangan gudeg di kota Yogyakarta. Ya, terang saja demikian, sebab di setiap sudut kota Yogyakarta ini ada pedagang-pedagang yang menyajikan gudeg mulai dari pagi hingga dini hari lho. Selain enak dan mengenyangkan perut, harga gudeg di Yogyakarta ini sangat ramah dengan isi dompetmu. Itu sebabnya, mengapa gudeg dapat dinikmati kapan saja. Namun, pada umumnya masyarakat Yogya biasa menyantap gudeg di sore dan malam hari.

  1. Khasiat Gudeg Untuk Kesehatan Tubuh

Dibalik cita rasanya yang lezat dan harganya yang murah, ternyata hidangan gudeg memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh kita lho. Menurut para pakar gizi, gudeg mempunyai kandungan serat dalam jumlah yang cukup tinggi. Nah, kandungan serat tersebutlah yang berperan untuk mengikat racun dan bagus untuk system pencernaan. Bukan hanya itu saja, hidangan gudeg juga mampu memperbesar feses yang dapat melancarkan buang air besar. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kandungan serat pada gudeg ini dapat menjaga berat badan agar tetap ideal. Maka dari itu, gudeg merupakan pilihan paling tepat bagi mereka yang sedang menjalani program diet sehat.

  1. Jl. Wijian Merupakan Pusatnya Gudeg

Sekitar tahun 1970 – 1980an, ketika Yogyakarta dijadikan sebagai kawasan pariwisata, Jl. Wijian pun berperan sebagai pusatnya gudeg. Hal itu pun terbukti, di sepanjang Jl. Wijian ini telah berjejeran para pedagang gudeg yang berasal dari Yogyakarta maupun provinsi Jawa Tengah. Uniknya lagi, meski sama-sama berjualan gudeg, namun setiap para pedagangnya menyajikan gudeng dengan cita rasa yang berbeda-beda lho. Mereka juga tidak takut untuk bersaing secara sehat, karena para konsumennya memiliki masing-masing selera terhadap gudeg.

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang gudeg, sehingga bisa kamu jadikan sebagai penambah wawasan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *