6 Makanan Khas Semarang

Memang kurang sempurna rasanya jika berwisata namun tidak mencicipi makanan khas tempat yang dituju. Nah, bagi anda yang akan berwisata ke Semarang dan ingin menikmati kulinernya, berikut ini 6 makanan khas Semarang yang bisa anda coba:

  1. Nasi Goreng Babat dan Babat Gongso

Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok, Legendanya Nasi Goreng di ...

Makanan khas Semarang yang pertama adalah Nasi Goreng Babat dan Babat Gongso. Seperti yang diketahui bahwa babat ini merupakan salah satu bagian dari jeroan sapi yang banyak dijadikan olahan makanan di Indonesia, salah satunya adalah nasi goreng babat dan babat gongso. Salah satu tempat yang menjual makanan ini adalah Warung Pak Karmin yang sudah berdiri sejak tahun 1971. Walaupun bentuknya warungnya sangat sederhana, namun warung ini selalu diserbu oleh para pengunjungnya untuk menikmati nasi goreng babat dan babat gongso. Di warung ini, babat diolah dengan teknik khusus sehingga tidak bau amis saat disajikan. Selain itu, babat Pak Karmin ini juga terkenal sangat empuk dan gurih rasanya berkat bumbu rahasia yang sudah turun temurun warisan dari orang tuanya.

  1. Nasi Pindang

Nasi Pindang, Kuliner Khas Kudus yang Populer di Semarang

Berbeda dengan di beberapa daerah yang menamakan pindang sebagai sejenis ikan, namun di Semarang nasi pindang ini merupakan olahan daging sapi yang dikombinasikan dengan kuah rempah kluwek serta daun melinjo. Sekilas makana ini mirip dengan rawon dari Jawa Timur, namun kuahnya tidak terlalu pekat dan lebih terasa segar.

  1. Sate Buntel dan Pepes Olor

12 Makanan Khas Semarang & Lokasi Untuk Mencobanya

Bagi anda yang suka menyantap daging kambing, anda wajib berkujung ke rumah makanan olahan kambing Sate dan Gule Kambing 29 yang sudah berdiri sejak tahun 1945. Di tempat makan ini banyak menu makanan yang akan ditawarkan, seperti sate buntel dan pepes olor. Sate Buntel merupakan daging kambing cacah berbumbu. Sementara pepes olor adalah sumsum tulang belakang yang dimasak seperti pepes.

  1. Nasi Ayam Kampung

Ayam Kampung – Raja Ayam Panggang

Makanan khas Semarang selanjutnya yang harus anda coba adalah nasi ayam kampung. Sajian makanan ini berupa nasi dengan kuah kuning opor yang dilengkapi dengan sayur labu yang manis, suwiran ayam kampung dan telur, serta tahu dan krecek. Selain itu, anda juga bisa memilih tambahan lauk seperti sate usus, sate telur, dan bagian dari ayam seperti sayap, dada, dan paha. Bukan hanya itu, dengan bumbu santan serta rempahnya yang khas membuat makanan ini memiliki citarasa gurih dan lezat.

  1. Tahu Gimbal Bumbu Petis

Resep Tahu Gimbal Khas Semarang oleh Dinda Ayu Subagio (DCS) - Cookpad

Makanan ini berupa potongan lontong, bakwan udang (gimbal), irisan kol dan tauge yang disiram dengan saus kacang berbumbu petis. Makanan yang satu ini memiliki citarasa perpaduan antara manis, asin, dan gurih. Untuk bisa menikmati makanan khas Semarang ini, anda bisa berkunjung ke Tahu Gimbal Pak Edi yang berlokasi di Jl.Mentri Supeno, Mugasari, Semarang (samping kantor Gubernur).

  1. Hidangan Olahan Burung Belibis

Kaoya Alias Bebek Peking dari Negeri Tirai Bambu | Jajan Yuk

Sesuai dengan namanya sajian makanan ini berupa olahan makan burung belibis. Di Semarang, tepatnya di Warung Pa No anda bisa menemukan beranekaraga, olahan burung, salah satunya adalah burung belibis. Daging burung belibis ini, secara tekstur tidak jauh berbeda dengan ayam, namun lebih empuk karena dimasak dengan waktu yang cukup lama menggunakan api kecil. Selain itu, bumbunya pun sangat bervariasi bisa dipilih sesuai dengan selera anda.

Wah kayanya enak-enak? Agar tidak penasaran anda bisa mencoba 6 kuliner di atas saat berkunjung ke Semarang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *