Daftar Makanan Khas Aceh yang Paling Populer

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa Indonesia kaya akan keragaman bahasa, budaya, dan agama. Begitu pun dalam urusan kuliner, dimana masing-masing daerah memiliki kuliner khasnya. Nah, berbicara soal kuilner nusantara, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar daftar makanan khas Aceh yang paling populer. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

  1. Mie Jalak Sabang

Kuliner Khas Sabang yang Jadi Icon Sabang, Wajib Dicicipi Nih!

Makan khas Aceh pertama yang wajib kamu cicipi, yakni berupa mie jalak sabang. Jika dilihat dari bentuknya, sekilas mie jalak sabang ini tidak berbeda jauh dengan mie kuah pada umumnya. Hanya saja, tekstur dari mie jalak sabang ini jauh lebih kenyal. Biasanya mie jalak sabang akan disajikan dengan potongan daging, telur rebus, tauge, dan diberi kuah kaldu yang sangat gurih lho. Mie jalak sabang itu sendiri merupakan kuliner nusantara yang berasal dari Aceh Timur.

  1. Sambal Ganja

Mengenal Asam Udeung (Sambal Ganja) khas Aceh | ResepKoki

Saat mendengar nama ganja, mungkin pikiran kita akan langsung tertuju pada barang-barang terlarang bukan? Padahal, sejatinya ganja itu adalah tanaman yang biasa dijadikan bahan bumbu masakan di daerah Aceh lho. Ya, karena ulah tangan-tangan jahil, akhirnya ganja disulap menjadi barang haram. Terlepas dari hal itu, sambal ganja ini sebenarnya tidak menggunakan ganja. Menurut informasi yang di dapat, pemberian nama sambal ganja itu bertujuan agar lebih menarik. Tak hanya itu, sambal ganja juga memiliki cita rasa yang begitu lezat sehingga akan membuat siapa saja yang mencicipinya pasti akan kecanduan.

Sambal ganja ini terbuat dari udang sebagai bahan dasarnya, yang dicampur dengan rasa asam segar dari buah belimbing wuluh muda, dan aroma wangi dari daun jeruk serta daun serai. Bagaimana, apakah kamu berminat untuk mencoba kuliner yang satu ini?

  1. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap Makanan Tradisional dari Aceh - Negeriku Indonesia

Kuliner khas Aceh selanjutnya ada ayam tangkap, yang terbuat dari ayam muda dengan cara penyajian digoreng kering, dan kemudian diberi cabai hijau serta daun teumura. Tak hanya itu, biasanya ayam tangkap ini juga akan di potong kecil-kecil. Ketika disajikan, ayam tangkap tersebut pada umumnya berada di balik tumpukan cabai hijau dan caun teumura yang sudah digoreng kering.

  1. Dendeng Rusa

Cara Membuat Dendeng Sapi yang Dijemur, Enak dan Bikin Ketagihan ...

Mungkin dendeng dari daging sapi itu sudah biasa. Namun, bagaimana jadinya jika dendeng tersebut terbuat dari daging rusa? Ya, dendeng rusa ini hanya bisa kamu temui di Aceh. Sekilas, bentuk dendeng rusa memang tidak berbeda jauh dengan dendeng sapi. Hanya saja, daging rusa ini memiliki cita rasa yang jauh lebih gurih. Belum lagi ditambah dengan bumbu rempah-rempah khas Aceh, yang dijamin akan membuat lidahmu bergoyang saat menyantapnya.

  1. Kuah Sie Itek

√ 27 Makanan Khas Aceh + Harga dan Rekomendasi Resto

Kuah sie itek adalah kuliner khas daerah Bireun, dimana bahan utamanya terbuat dari daging itik alias bebek. Daging itik tersebut akan disajikan dengan bumbu rempah-rempah khas Aceh, dengan tekstur kuahnya yang agak kental. Tentu saja kuliner yang satu ini paling pas jika disantap dengan sepiring nasi putih hangat.

  1. Mie Aceh

Ultimate Guide: 9 Mie Aceh Paling Berasa Rempahnya di Jakarta

Makan khas Aceh berikutnya yang jangan sampai kamu lewatkan, yakni berupa mie Aceh. Berkat cita rasanya yang gurih dan lezat, mie Aceh ini telah menyebar ke kota-kota besar yang ada di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, dan sebagainya. Dengan begitu, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Aceh untuk mencicipi kuliner tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *