Source by pinterest.com

Makanan Khas Bandar Lampung

Selain mempunyai tempat-tempat wisata dengan pemandangan yang menakjubkan, Lampung ternyata juga menyimpan banyak kuliner khas dengan cita rasa yang lezat. Makanan khas lampung cenderung memiliki rasa yang gurih dan pedas. Salah satu makanan yang terkenal di daerah ini yaitu tempoyak yang di buat dengan campuran durian. Selain itu, ada juga makanan khas Lampung yang populer pedas yaitu seruit. Masyarakat di sana sering mengolah bumbu seruit dengan campuran tempoyak dan makanan bersama dengan lauk ikan goreng hingga sayuran. Nah berikut beberapa makan khas Bandar Lampung yang wajib kamu coba. Diantaranya :

  1. Tempoyak

Resep Gulai Tempoyak Durian Ikan Patin, Kuliner Khas Jambi

Source by kompas.com

Untuk kamu para pecinta sambal, wajib mencoba makanan khas Lampung yang satu ini. Tempoyak adalah salah satu jenis sambal yang berasal dari fermentasi buah durian. Mempunyai perpaduan cita rasa asin, manis dan sedikit pedas membuat tempoyak cocok di jadikan sambal cocolan saat menikmati ikan goreng. Selain cita rasa yang unik, cara membuat sambal tempoyak juga sangat mudah. Cukup campurkan buah durian, garam dan cabai untuk mempercepat proses fermentasi. Lalu di simpan pada tempat bersuhu dingin selama dua hari hingga lima hari untuk mendapatkan hasil cita rasa yang khas dan nikmat.

  1. Gulai Taboh

Gulai Taboh Masakan Asli Lampung Yang Lezat - Hasbundoya.com

Source by hasbundoya.com

Makanan berkuah ini di buat dengan racikan bumbu-bumbu khas Lampung, yang sekilas mirip dengan sayur lodeh. Gulai taboh biasanya di hidangkan bersama ikan, ada dua macam jenis gulai taboh yaitu, ikan laut yang di tambahkan sayuran daun tangkis dan ikan sungai dengan campuran tuba atau kluwek. Masyarakat Lampung biasanya menyajikan makanan ini pada acara-acara khusus. Gulai taboh juga memiliki arti “gulai santan” dan jadi makanan khas Lampung tepatna dari Pesisir Barat Lampung.

  1. Seruit

Nikmatnya Seruit, Cita Rasa Asam Manis Pedas Jadi Satu -  pesonaindonesia.kompas.com

Source by kompas.com

Seruit adalah salah satu makanan khas Lampung yang sering di hidangkan saat ada acara keluarga, pernikahan, acara ada serta keagaman. Seruit juga sering di jadikan makanan pokok yang di konsumsi sehari-hari oleh masyarakat Pepandu. Seruit adalah makanan yang terbuat dari ikan bakar yang di campur dengan berbagai sambel terasi khas Kota Bandar Lampung seperti Tempoyak atau Mangga. Ikan yang di gunakan untuk membuat seruit berasal dari sungai. Biasanya, yang di gunakan yaitu ikan baung, ikan balide, ikan layir dan lainnya.

4. Gabing

Bikin Rindu! Yuk Bikin Kue Gabin Tape, Cemilan Sederhana di Masa Kecil

Source by pinterest.com

Gabing adalah makanan khas Lampug yang menggunakan bahan utama berupa batang kelapa masih muda. Untuk membuat gabing, batang kelapa muda akan di iris tipis hingga terlihat seperti lembaran kecil berukuran tiga hingga empat centimeter. Setelah itu, irisan batang kelapa tersebut di rebus dan di tambah dengan bumbu rempah tradisional. Gabing sendiri adalah makanan yang berjenis kuah. Namun, ada juga sebagian masyarakat yang membuat gabing ini tanpa menggunakan kuah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *