Source by pinterest.com

5 Kuliner Khas Tidore Ini Sedap Menggoda

Makanan khas Tidore merupakan salah satu hal yang sangat menarik perhatian wisatawan saat mereka berlibur kesana. Saat kamu pergi kesana, kamu juga jangan lupa mencicipi kuliner khas Tidore. Pastinya setiap daerah memiliki makanan khas yang berbeda beda, begitu juga dengan Tidore. Semua makanannya memiliki rasa yang unik serta berbeda dengan cita rasa masakan lainnya.

Tidore sejak ratusan tahun lalu memang dikenal sebagai penghasil rempah rempah berkualitas baik. Dengan kekayaan rempah rempah yang dimilikinya, sehingga tidak heran jika kuliner khas dari Tidore ini sedapnya menggoda. Berikut dibawah ini 5 kuliner khas Tidore yang sedap menggoda diantaranya yaitu :

  1. Popeda Atau Papeda

Papeda Papua Kenyal Lezat Istimewa - Resep | ResepKoki

Source by resepkoki.id

Popeda atau papeda merupakan olahan sagu yang dimasak dan direbus. Tekstur kuliner ini sama persis dengan lem Glucol. Kenyal kenyal dan lengket, pastinya juga tidak ada rasanya. Oleh karena itu popeda harus dimakan dengan sayur berkuah. Ikan kuah kuning adalah yang paling umum dijadikan pelengkapnya.

  1. Tela Gule

Makanan Khas Tidore Tela Gule - Befren

Source by befren.com

Tela gule merupakan makanan olahan dari jagung. Jagung digiling hingga halus, lalu dimasak seperti nasi. Katanya tela gule ini rasanya akan jauh lebih enak saat disantap dengan masakan masakan yang lainnya. Kamu bisa menyantapnya bersama dalo waho (sayur lilin, foki pele (terong dimasak santan), uge ake (rebusan bunga pepaya dan daun kelor), ditambah ikan goreng.

  1. Berbagai Olahan Sagu

Bubur Mutiara Sagu dengan Rasa Manis Membuat Ketagihan

Source by pinterest.com

Memang benar jika sagu bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan lem kertas. Tetapi makanan bernama sagu di Tidore ini tidak hanya terbuat dari tepung pohon sagu saja. Karena ada juga sagu berupa makanan kering yang terbuat dari singkong atau ketela. Biasanya sagu yang satu ini dimakan dengan gohu (daging ikan mentah yang dicincang lalu dibumbui) atau dabu dabu (campuran sayuran mentah yang diberi bumbu dasar dan minyak goreng).

Ada juga sagu lempeng atau sagu kasbi (hula keta), yang disajikan dalam keadaan matang setelah dipanggang. Yang terbuat dari tepung sagu namanya hula garo, sedangkan yang terbuat dari tepung singkong namanya hula daso. Biasanya sagu lempeng setelah selesai dipanggang selama beberapa hari masih terasa lembek. Orang Tidore menyebut sagu lempeng ini dengan sagu lombo, dan sangat cocok dimakan dengan gohu. Sagu lempeng kalau kalau dalam keadaan kering bisa bertahan sangat lama.

  1. Kopi Dabe

Kopi Dabe, Varian Rasa Rempah-rempah Khas Tidore

Source by ngadtemie.blogspot.com

Kopi Dabe sesuai dengan namanya yaitu diambil dari kata ‘’dabe” yang dalam bahasa Tidore berarti “baku tambah” atau “saling menambahkan”. Ditambah apa ya? Ditambah dengan rempah rempah pilihan sehingga menjadikan kopi ini memiliki rasa yang berbeda dari kopi pada umumnya. Untuk membuat kopi dabe ini sama saja seperti kopi lainnya yaitu diseduh air mendidih lalu diberi gula sebagai pemanis.

Tetapi yang membedakannya dengan kopi biasanya adalah air yang dipakai untuk seduhannya yang berasal dari rebusan aneka rempah rempah seperti jahe, kayu manis, cengkeh, serta pala. Terkadang untuk memberi aroma wangi ditambahkan daun pandan.

  1. Kue Asidah

Sahabat Lokal

Source by adira.co.id

Kue Asidah merupakan kuliner khas Tidore yang terpengaruh budaya Arab. Warna merah kecoklatan pada kue ini asli yang berasal dari kandungan kurma yang merupakan salah satu bahannya. Tetapi untuk menghemat biaya pembuatan, ada juga yang berkreasi mengganti kurma dengan gula aren. Kue asidah disajikan dalam bentuk separuh bola diatas piring, lalu siramkan ghee (mentega India) diatasnya sebagai topping.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *