Source by id.tastemade.com

6 Makanan Khas Lezat Ambon Ini Wajib Dicicipi 

Apa yang langsung terlintas dalam pikiranmu saat mendengar nama kota Ambon? Wisata yang sangat indah, kuliner yang sangat enak, atau orangnya yang ramah ramah dengan senyuman super manis dari bibirnya? Kesemua hal itu memang bisa kamu temukan saat berkunjung ke Ambon.

Jika sekarang atau dalam waktu dekat ini kamu akan berlibur ke ibu kota Maluku tersebut, maka wajib mencicipi beragam kuliner lezat khas Ambon dibawah ini diantaranya yaitu :

  1. Papeda Dan Ikan Kuah Kuning

Papeda Ikan Kuah Kuning – pacarkecilku

Source by pinterest.com

Kamu belum bisa dibilang pernah ke Ambon jika belum mencoba makanan papeda ini. Kuliner khas ini dijadikan makanan utama sebagai pengganti nasi di Ambon. Papeda yang terbuat dari sagu ini rasanya tawar dan teksturnya menyerupai lem. Meski tawar tetapi rasanya tetap enak dan perutmu akan merasakan sensasi dingin. Kamu bisa menikmati papeda ini dengan ikan kuah kuning. Tidak sulit untuk menemukan makanan khas Ambon ini, karena setiap restaurant atau warung menyediakannya.

  1. Bagea, Kue Kenari, Dan Kue Tumbu

Resep Kue Bagea Kenari Manado - Lifestyle Fimela.com

Source by fimela.com

Kamu juga tidak boleh mengabaikan begitu saja camilan camilan khas Ambon. Memang teksturnya itu keras tetapi kamu bisa menikmatinya bersama kopi. Dijamin kamu akan ketagihan dengan rasanya yang gurih.

  1. Ikan Asap

Ikan Asap Muarareja, Tambah Daftar Deretan Buah Tangan Khas Kota Bahari

Source by ayotegal.com

Kalau di Ambon, makanan khas ini lebih dikenal dengan nama ikan asar. Biasanya ikan asar ini bisa bertahan hingga sepekan. Misalnya saja ada ikan tuna, cakalang, hingga tongkol. Cara memasak juga unik. Pertama tama ikan utuh dibumbui terlebih dahulu lalu ditusuk bambu, kemudian dibungkus daun pisang. Setelah itu asapi hingga matang. Ikan ini bisa kamu temukan di pasar Mardika.

  1. Sambal Colo Colo

Menu Buka Puasa dan Sahur Sederhana, Sambal Colo-Colo Ini Pas intuk  Pelengkap Menu Utama - Semua Halaman - Sajian Sedap

Source by sajiansedap.grid.id

Ikan asar dan sambal colo colo merupakan pasangan yang serasi. Sambal ini terbuat dari bawang merah, cabai rawit, tomat, serta jeruk nipis. Kesemua bahan itu diiris tipis tipis lalu dicampurkan menjadi satu dalam sebuah wadah, kemudian diberi kecap manis. Supaya rasanya semakin kuat dan sedap juga kamu bisa menambahkan daun seledri.

  1. Nasi Kuning Bagadang

 

Nasi Kuning Bagadang – Riello Rent Car

Source by riellocar.com

Kamu tidak perlu khawatir kelaparan tengah malam saat berada di Ambon. Karena saat perut lapar sedangkan malam sudah sangat larut, kamu bisa pergi ke perempatan Tugu Trikora Ambon. Ditempat ini kamu akan menemukan kuliner malam yang dimulai sejak pukul 19.00 hingga 03.00 WIT. Nasi kuning Bagadang merupakan salah satu kulinernya yang menjadi favorit di tempat ini. Rasa gurih dari makanan khas ini tidak ada yang bisa menandingi. Makanan khas ini bisa kamu santap bersama ikan, serundeng, acar, sambal goreng, sambal mentah, ayam goreng, perkedel, dan lainnya.

  1. Rujak Natsepa

Rujak Natsepa, Bukan Rujak Nestapa - DAILY VOYAGERS

Source by dailyvoyagers.com

Makanan khas ini dari namanya juga sudah bisa dipastikan jika lokasinya itu berada di Pantai Natsepa. Makanan khas ini sama seperti dengan rujak manis pada umumnya. Rujak ini berisi berbagai buah buahan seperti kedondong, mentimun, pepaya, mangga, nanas, jambu air, belimbing, dan lainnya.

Tetapi yang membedakannya dengan rujak pada umumnya adalah adanya potongan buah pala yang dicampurkan dengan irisan gula merah serta kacang tanah goreng. Kamu bisa menikmati makanan khas ini setelah selesai berenang di Pantai Natsepa yang indah dan jernih.

Selain itu masih ada makanan khas lezat lainnya dari Ambon yang wajib dicicipi yaitu kopi sibu sibu. Kamu bisa menikmatinya bersama ketan yang disiram parutan kelapa dan gula aren yang biasanya disebut dengan pulut siram, koyabu, embal kacang, dan getuk.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *