Source by pinterest.com

Deretan Makanan Khas Kupang yang Bisa Bikin Lidahmu Bergoyang

Kupang merupakan sebuah kota yang lokasinya berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang memang terkenal dengan keanekaragaman budaya, ekosistem, hingga kuliner. Bahkan, Kupang juga memiliki banyak destinasi wisata menarik yang kerap menyita perhatian turis lokal maupun asing lho. Nah, ngomong-ngomong soal kuliner, pada kesempatan kali ini akan membahas beberapa makanan khas Kupang yang paling enak. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasan dibawah ini.

  1. Se’i

Sebelum Makan Se'i Sapi Khas NTT, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu

Source by id.wikipedia.org

Makanan khas Kupang pertama paling enak yang akan bibahas, yakni bernama se’i. Jika dilihat dari bentuknya, makanan yang satu ini memang sangat mirip dengan smoked beef alias daging asap. Ya, se’i itu sendiri merupakan hidangan daging asap yang biasanya terbuat dari daging babi dan daging sapi. Nantinya daging tersebut akan dibumbui dengan garam, lada bubuk, dan madu timor. Setelah itu, barulah dagingnya dipanggang diatas bara api dari kayu tanaman kosambi. Hasilnya, se’i dapat menyuguhkan aroma serta cita rasa yang tiada tandingannya lho. Menurut informasi yang didapat, harga satu porsi se’i ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 50 ribu – 100 ribuan.

  1. Jagung Titi

Jagung Titi tak Boleh Lewat kalau Melancong ke Flores - MerahPutih

Source by merahputih.com

Suka cemilan yang bahan dasarnya terbuat dari jagung? Jika iya, maka kamu wajib coba makanan khas Kupang yang satu ini. Sesuai dengan namanya, jagung titi terbuat dari jagung yang bentuknya seperti emping atau keripik jagung. Mengenai proses pembuatannya, jagung tersebut akan dipipihkan, lalu digoreng tanpa minyak, dan kemudian akan diberi berbagai jenis bumbu khas Kupang. Jagung titi memang sangat cocok dijadikan camilan untuk menemani waktu santaimu selama berlibur di Kupang. Harga yang ditawarkannya pun cukup bersahabat, yakni berkisar Rp 20 ribu – Rp 30 ribuan per bungkusnya.

  1. Jawada

Sahabat Lokal

Source by adira.co.id

Jawada atau yang biasa disebut dengan kue rambut ini juga merupakan salah satu makanan khas Kupang yang tentunya jangan sampai kamu lewatkan. Bahan dasar dari kue rambut ini terdiri dari tepung yang dicampur dengan gula merah, santan, air nira, yang kemudian digoreng hingga warnanya menjadi coklat keemasan. Jawada memiliki perpaduan citarasa yang gurih dan manis, sehingga sangat cocok untuk dijadikan camilan disore maupun malam hari. Untuk urusan harganya, kue rambut tersebut hanya dibanderol dengan kisaran Rp 1.000 dan Rp 5.000.

  1. Kolo

Cicip Tapa Kolo, Makanan Khas NTT yang Unik dan Mengandung Filosofi Mendalam : Okezone Lifestyle

Source by cookpad.com

Makanan khas Kupang yang satu ini mengingatkan kita pada lontong. Pasalnya, bahan dasar kolo terbuat dari nasi yang digulung dengan daun kemudian akan dimasak dengan cara dimasukkan kedalam potongan bambu. Biasanya, masyarakat NTT kerap membuat kolo pada acara-acara penting, seperti pernikahan, acara adat, syukuran panen, hingga penyambutan tahun baru. Panjang bambu untuk membuat kolo bisa mencapai 30 cm, yang kemudian akan diberi garam dan berbagai jenis rempah-rempah lainnya. Setelah itu, kolo akan dibakar selama kuranga lebih 30 menit – 1 jam.

  1. Jagung Katemak

5 Makanan Khas Timor Tengah Selatan, NTT Bikin Kamu Susah Move On!

Source by idntimes.com

Makanan khas Kupang berikutnya yang bisa membuat lidahmu bergoyang, yakni bernama jagung katemak. Kuliner tersebut berbahan dasar jagung yang akan dimasak dengan campuran biji-bijian, kacang-kacangan, yang kemudian direbus hingga matang. Untuk menciptakan citarasa yang khas, maka jagung katemak ini akan diberi tambahan daun pepaya. Disamping rasanya yang enak, harga yang ditawarkannya juga cukup bersahabat dengan isi dompetmu lho.

Itulah deretan makanan khas Kupang yang bisa membuat lidahmu bergoyang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *