Source by pinterest.com

Inilah Makanan Khas Pekanbaru yang Wajib Kamu Coba

Pekanbaru merupakan Ibu Kota bagi Provinsi Riau yang berlokasi di Pulau Sumatera. Selain terkenal memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, kota yang satu ini juga terkenal dengan beragam kuliner khasnya yang lezat-lezat lho. Lantas, seperti apa sajakah kuliner-kuliner khas Pekanbaru tersebut? Nah, biar kalian gak penasaran, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

  1. Gulai Ikan Patin

Penasaran dengan Gulai Ikan Patin? Yuk Intip Cara Masaknya

Source by pinterest.com

 

Makanan khas Pekanbaru pertama yang wajib kamu coba, yakni bernama Gulai Ikan Patin. Tentu saja hidangan yang satu ini paling pas untuk menemani sepiring nasi putih hangat. Kamu pun tidak akan mengalami kesulitan untuk menjumpai pedagang yang menjajakan Gulai Ikan Patin di sepanjang jalanan kota Pekanbaru. Sesuai dengan namanya, hidangan tersebut terdiri dari potongan ikan patin berukuran cukup besar, yang nantinya diberi kuah gulai berwarna kuning.

  1. Miso

Asiknya Berbagi PKU - @TempatMakanPekanbaru: Miso Rempah Rajawali - Tempat Makan Kuliner Pekanbaru

Source by pinterest.com

Siapa bilang bahwa miso hanya ada di Negara Jepang saja? Buktinya, di kota Pekanbaru juga ada banyak sekali kedai-kedai yang menjajakan miso lho. Dengan begitu, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang hanya untuk mencicipi miso. Namun, miso khas Pekanbaru dengan miso Jepang itu memiliki perbedaan. Miso ala Pekanbaru ini terdiri dari mie kuning, mie putih, kulit ayam goreng, ayam suwir, dan tauh kering. Disamping rasanya yang lezat dan mengenyangkan, harga yang ditawarkannya pun cukup bersahabat dengan isi dompetmu lho. Menurut informasi yang didapat, 1 porsi miso tersebut dibanderol dengan kisaran harga Rp 15 ribu – 20 ribuan saja.

  1. Sate Rusa

Sate Rusa - Sumber

Source by pinterest.com

Mungkin sate yang berbahan daging ayam, kambing, dan sapi itu sudah biasa. Namun, apa jadinya jika kamu dihidangkan sate yang terbuat dari daging rusa? Nah, saat berada di kota Pekanbaru, maka kamu akan dengan mudah menjumpai kedai-kedai atau restoran yang menjajakan sate daging rusa. Menurut masyarakat setempat, ternyata sate daging rusa juga tidak kalah lezatnya dengan daging sapi maupun ayam.

  1. Cencaluk

Resep Tumis Cencalok oleh Iin Afriyanti - Cookpad

Source by pinterest.com

Pada umumnya, masyarakat kota Pekanbaru hanya akan membuat cencaluk pada acara-acara tertentu saja. Dengan kata lain, jarang sekali ada pedagang yang menjajakan cencaluk tersebut di hari biasa. Cencaluk itu sendiri merupakan sebuah hidangan berbahan olahan udang yang telah dihaluskan, kemudian akan dicampur dengan beragam bumbu rempah dan bawang Bombay. Setelah itu, adonan cencaluk akan dimasukkan kedalam botol plastik. Cencaluk biasa dijadikan lauk untuk menemani sepiring nasi putih.

  1. Es Laksamana Mengamuk

Resep Es Laksamana Mengamuk Enak, Minuman Segar Khas Pulau Sumatera - Semua Halaman - Sajian Sedap

Source by pinterest.com

Ini dia salah satu kuliner khas Pekanbaru yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu desert, alias makanan pencuci mulut. Es Laksamana Mengamuk ini terdiri dari buah kweni, santan kelapa, dan gula merah, yang tentu saja sangat cocok disantap ketika cuaca sedang panas-panasnya. Disamping rasanya yang manis dan menyegarkan, ternyata ada kisah unik dibalik terciptanya nama Es Laksamana Mengamuk ini lho. Menurut cerita dari masyarakat setempat, ada seorang laksamana yang mengamuk di kebun buah kweni.

Alhasil, akibat ulahnya tersebut membuat buah kweni berserakan dimana-mana. Warga disekitar pun kebingungan harus berbuat apa dengan buah-buah kweni yang berserakan tersebut. Akhirnya, ada salah satu diantara mereka yang berinisiatif untuk membuat sebuah minuman dari buah kweni tadi. Nah, dari sanalah tercipta nama  Es Laksamana Mengamuk.

Itulah deretan makanan khas Pekanbaru yang wajib kamu coba. Bagaimana, tertarik untuk mencoba salah satunya?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *