Source by pinterest.com

6 Minuman Khas Pontianak Yang Manis Segar

Pontianak adalah ibukota provinsi Kalimantan Barat yang memiliki suhu udara cukup tinggi. Terlebih lagi pada siang hari bisa mencapai hingga 35 derajat celscius. Di kota yang dikenal sebagai kota khalustiwa ini ada beragam kunliner segar yang mampu menghilangkan dahaga dan panasnya sengatan terik matahari. Pontianak tidak hanya terkenal akan jeruknya saja yang manis segar, tetapi juga memiliki minuman khas segar. Mulai dari adanya es krim angi hingga es jagung Pontianak yang pastinya akan menghilangkan dahagamu seketika.

Lalu minuman khas Pontianak yang rasanya manis dan segar itu apa saja? Berikut dibawah ini 6 minuman khas Pontianak yang manis segar diantaranya yaitu :

  1. Ce Hun Tiao/Ce Hun Tiaw

Ce Hun Tiau Kuliner Khas Kota Pontianak – Siti Mustiani

Source by kumparan.com

Minuman khas Pontianak ini disebut juga dengan es campur ala Pontianak yang berisi kacang merah, cincau yang dipotong dadu dadu kecil, jelly bening panjang, ketan hitam, juga sepotong bongko. Bongko ini adalah kue hijau dari pewarna alami atau daun suji. Kesemua bahan itu ditumpuk dengan es serut lalu disiram kuah santan encer. Ce Hun Tiao atau Ce Hun Tiaw paling banyak ditemukan di jalan W.R. Supratman atau oleh warga sekitar disebut dengan nama jalan Waru.

  1. Es Krim Angi

Es Krim Petrus Sajian Menyegarkan Dari Pontianak - Kuliner Pontianak

Source by ksmtour.com

Hampir setiap orang suka dengan es krim. Di Pontianak ada es krim khas yang tidak kalah nikmat rasanya. Es krim angi khas Pontianak ini beda dari es krim lainnya, pasalnya disajikan dalam sebuah batok kelapa muda. Kelapanya dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai mangkuk. Dalam satu porsinya berisi 3 scoop es krim homemade dengan varian rasa yang berbeda beda. Lalu dilengkapi dengan jelly panjang seperti mi dan kacang merah. Dalam satu suapan akan dirasakannya es krim yang segar, manis, dan gurih.

  1. Es Lidah Buaya

Es Lidah Buaya Segar Nikmat Praktis - Resep | ResepKoki

Source by resepkoki.id

Pontianak tidak hanya dikenal dengan jeruknya saja, tetapi juga menjadi produsen lidah buaya unggulan di Indonesia. Sehingga tidak heran jika es lidah buaya khas Pontianak menjadi salah satu minuman yang banyak penggemarnya. Bahkan minuman khas ini menjadi menu wajib untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan. Cara membuatnya mudah, lidah buaya dicuci bersih lalu diolah terlebih dahulu, kemudian dipotong potong dadu kecil. Setelah itu dicampurkan dengan sirup dan es batu. Atau bisa juga dengan menambahkan biji selasih.

  1. Es Jagung Pontianak

VIRAL] Resep Es Jagung Manis Hawai Homemade Bisa Buat Jualan + VIDEO

Source by dapurnaira.com

Memang minuman khas Pontianak ini terbuat dari bahan yang antimainstream, tetapi rasanya dijamin akan membuat siapa saja yang mencicipinya ketagihan. Es unik ini terbuat dari jagung manis yang masih muda. Lalu jagung mudanya direbus hingga lunak dan renyah. Biasanya kuliner  segar dari sari jagung manis ini akan disajikan dalam mangkuk berama es batu, sedikit gula, dan  susu kental manis. Es jagung yang manis, segar, dan lembut ini dijamin akan memanjakan lidahmu, apalagi jika menyantapnya disiang hari.

  1. Es Jeruk Khas Pontianak

Rasakan Kesegaran 3 Minuman Khas Pontianak - MerahPutih

Source by pinterest.com

Coba bayangkan bagaimana segarnya es jeruk dari air perasan jeruk Pontianak. Es jeruk dari perasan air jeruk biasa saja sudah sangat menyegarkan. Apalagi yang berasal dari air perasaan jeruk Pontianak yang memang dikenal akan rasanya manis dan segar. Pembuatan es jeruk Pontianak ini sama seperti pembuatan es jeruk pada umumnya. Pertama tama jeruk diperas, lalu air perasannya dilarutkan dengan air, kemudian ditambah gula dan diberi es batu. Pastinya sudah kebayangkan bagaimana kesegarannya?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *