Source by pinterest.com

Minuman Segar Khas Ambon

Ambon merupakan Ibukota Maluku yang menjadi salah satu daerah yang memiliki beragam kekayaan alam dan kulinernya. Berbicara mengenai kuliner, Ambon memiliki sejumlah minuman segar yang diolah dengan cara yang unik pula. Bahkan beberapa minuman khas Ambon menggunakan bahan baku yang mungkin sedikit aneh di telinga Anda. Ingin tahu apa saja minuman segar khas Ambon yang memiliki rasa terenak? Yuk, simak di bawah ini:

1.     Jus Buah Pala

Omiyago Jus Pala 250ml

Source by m.omiyago.com

Untuk Anda yang ingin mencicipi minuman segar khas daerah Ambon, maka jangan lupa untuk membeli jus buah pala. Jus buah pala merupakan salah satu minuman khas yang terbuat dari daging buah pala asli. Ide untuk membuat minuman ini pertama kali muncul dari keprihatinan para petani yang melihat daging buah pala yang sering dibuang begitu saja. Hal ini dikarenakan harga daging buah pala tidak setinggi biji pala yang memiliki harga cukup tinggi di pasaran.

Jus buah pala ini terbuat dari bahan-bahan yang terdiri dari daging buah pala yang masih segar, air, gula, pewarna makanan alami, dan tambahan sedikit asam sitrat untuk memperkuat rasa. Rasa dari jus ini adalah manis dan segar. Untuk bisa menikmati jus buah pala, Anda bisa mendapatkannya di toko atau supermarket di daerah Ambon dan sekitarnya.

2.     Sopi

Sopi Koli, Minuman Keakraban Masyarakat Maluku Barat Daya - Travel Tempo.co

Source by pinterest.com

Minuman khas Ambon berikutnya adalah Sopi. Sopi sendiri merupakan minuman yang mengandung alkohol. Bahkan karena kandungan alkoholnya di atas 30%, minuman ini masih menjadi kontroversi bagi masyarakat Maluku sendiri. Meski dianggap sebagai minuman ilegal bagi pemerintah setempat, namun minuman Sopi sudah sangat akrab bagi masyarakat setempat. Biasanya, minuman ini ikut disuguhkan dalam acara-acara adat setempat.

Sopi sendiri berasal dari sageru, yaitu sadapan pohon aren yang ditambahkan dengan bubuk akar husor agar rasanya tidak terlalu manis dan agar tidak berubah menjadi gula aren. Proses pembuatannya pun masih sangat tradisional. Untuk bisa mencicipi minuman khas Maluku ini, Anda bisa membelinya dengan harga sekitar Rp 200.000 untuk per 10 liter. Rasanya sangat manis dan mengandung alkohol.

3.     Kopi Rarobang

Kopi Rarobang, Kopi Racikan Asli Khas Orang Ambon - Sriwijaya Post

Source by pinterest.com

Kopi Rarobang merupakan minuman khas Maluku yang terbuat dari kopi Arabica. Minuman ini sangat aman karena tidak ada kandungan alkoholnya seperti minuman Sopi. Bukan hanya sekedar kopi hitam semata, Kopi Rarobang menjadi salah satu minuman istimewa di Provinsi Maluku karena diracik dengan tambahan rempah-rempah pilihan, seperti cengkeh, jahe, kayu manis, serai, gula pasir, dan kacang kenari.

Rasa dari Kopi Rarobang sendiri lebih ke rasa rempah-rempah. Semua cita rasa rempah ada di dalam minuman ini. Selain menjadi minuman khas di daerah sana, Kopi Rarobang juga dikenal sebagai minuman penamba stamina tubuh. Jadi, tak heran jika banyak masyarakat sana yang lekat dengan minuman yang satu ini.

4.     Kopi Sibu-Sibu

Kopi rarobang di Rumah Kopi Sibu-Sibu

Source by beritagar.id

Hampir sama dengan kopi rarobang, jika kopi rarobang terbuat dari kopi Arabika, maka kopi sibu-sibu ini terbuat dari kopi Robusta. Yang bikin unik dari minuman ini adalah sedukan kopi hitamnya dicampur dengan cacahan biji ketapang. Selain itu, untuk memperkuat rasa dan aroma khas kopi dicampur dengan bubuk cengkeh.

Minuman ini begitu populer di daerah Maluku dan paling nikmat jika ditemani dengan cemilan khas Maluku seperti kue kusbi, sagu gula, bruder sagure, dan pulut unti.

Itulah beberapa minuman segar khas Ambon yang wajib dicoba saat bertandang ke daerah Ambon dan sekitarnya. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *