Source by pinterest.com

Minuman Khas Manado

Manado ialah sebuah kota yang menjadi ibu kota dari provinsi Sulawesi Utara. Kota Manado terletak di Teluk Manado dan dikelilingi oleh pegunungan. Kota Manado sendiri terletak berdekatan dengan Filipina, bahasa daerah yang digunakan sangat unik karena mempunyai kata serapan dari bahasa Portugis dan memiliki bahasa yang mirip seperti wilayah lain Indonesia bagian timur. kota Manado memiliki kekayaan alam yang sangat indah. Bukan hanya kekayaan alamnya, tetapi kota Manado terkenal akan para perempuannya yang berparas cantik. Selain keindahan alam dan bahasanya yang menarik terdapat juga makanan dan minuman khas yang menarik. Kali ini kita akan membahas minuman khas Manado yang sangat menarik.

  1. Es Kacang Merah atau Brenebon

√ Cara Membuat Es Kacang Merah Nikmat dan Segar

Source by pinterest.com

Es brenebon adalah es kacang merah khas Manado yang dapat dengan mudah kita jumpai di berbagai rumah makan di Manado. Es brenebon dibuat dari kacang merah yang direbus bersamaan dengan kayu manis lalu kacang direbus lagi  dengan air gula merah, maka rasa es brenebon ini rasanya manis. Cara penyajian es brenebon ini adalah disajikan dengan serutan es dan ditambahkan denga kental manis rasa coklat. Minuman ini sangat cocok kamu coba ketika berkunjung ke Manado dan kamu nikmati di siang hari.

  1. Es Sirsak atau Es Manado

Es Manado Ekonomis Segar yang Manis - Resep | ResepKoki

Source by resepkoki.id

Es Manado ini berbahan dasar dari sirsak yang dipadukan dengan alpukat, sari kelapa, dan lainnya. Cara penyajiannya adalah semua bahan dicampur serta ditambahkan kental manis dan es. Minuman ini memiliki rasa yang manis, segar, asam dari buah, dan dingin dari es nya.

  1. Saguer

5 Minuman Khas Manado yang Bisa Bikin Air Liur Menetes : Okezone Lifestyle

Source by pinterest.com

Seguer merupakan minuman tradisional beralkohol dari Manado. Minuman ini berasal dari fermentasi air nira dan memiliki kadar alkohol 4 – 5 persen, layaknya bir, ketika masih fresh minuman ini mengeluarkan busa, tetapi minuman ini berwarna putih. Rasa dari minuman ini adalah asam, manis dan agak pahit. Masyarakat lokal disana mengakui adanya dewa-dewa minuman di alkohol ini.

Legenda di Minahasa mengenal adanya tiga dewa saguer yaitu Makawiley, Kiri Waerong, dan Parengkuan.  Makawiley dan Kiri Waerong dikaitkan dengan pembuatan gula merah dari saguer yang sedang  dimasak, sementara Parengkuan dikaitkan dengan air dari saguer. Seguer sendiri disebut sebagai minuman yang hampir suci karena minuman para leluhur, para dewa, dan para dewata.

  1. Cap Tikus

Jual Cap Tikus Minuman Alkohol [320 mL] Online Januari 2021 | Blibli

Source by blibli.com

Cap tikus merupakan minuman yang mengandung alkohol hingga 70 persen. Cap tikus merupakan campuran air nira yang disuling dengan lama dan kadar alkoholnya naik. Biasanya minuman ini diminum untuk menghangatkan badan, menambah semangat, atau pada saat upacara rumah baru sebagai bentuk penghormatan kepada dewa. Cara meminumnya ialah menggunakan gelas kecil atau sloki. Jaman dahulu nama minuman ini dikenal sebagai sopi yang dijual oleh pedangang asal tiongkok di Benteng Amsterdam di Manado. Namun namanya berubah ketika minuman ini menjadi minuman yang biasa diminum oleh masyarakat yang mengikuti pendidikan militer, yang ketika itu mereka memasukan minumannya ke dalam botol kecil dengan gambar ekor tikus.

Tetapi saat ini banyak yang meminum minuman ini hanya untuk bergensi dan bergaya, padahal dahulu minuman ini diminum untuk menghangatkan tubuh, menambah semangat dan sebagai upacara adat. Ketika meminum minuman ini sebaiknya mengkontrol banyaknya karena kadar alkohol yang cukup tinggi di dalam minuman ini, bisa saja mempengaruhi kontrol diri ketika meminum minuman ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *